Kerja freelance - Kerja di rumah

Susah Dapat Pekerjaan? Kerja Freelance Saja Yuk!

Kerja freelance, kerja sampingan, kerja paruh waktu, istilah-istilah tersebut sudah tidak asing lagi ya sahabat freelancer.. Ya benar, jenis pekerjaan yang satu ini mulai menjadi favorit di kalangan generasi milennial.

Bahkan di US sendiri pekerjaan freelance tidak hanya didominasi dari kalangan milennial saja. Dalam sebuah artikel yang dilansir di situs Nasdaq dikatakan berbagai proyeksi menunjukkan bahwa pada tahun 2020 sebanyak 43% dari total angkatan kerja di US adalah freelancer! Bisa dibayangkan, hampir dari separuh pekerja di negeri paman sam itu adalah pekerja lepas.

Kenapa ya orang-orang diluaran sana banyak yang beralih menjadi pekerja freelance? Ternyata bekerja secara freelance banyak keuntungannya lho..

Apa Saja sih keuntungan kerja Freelance?

Stephane Kasriel, CEO Upwork dan co-chair Dewan Forum Ekonomi Dunia untuk Masa Depan Gender, Pendidikan dan Pekerjaan, mengatakan bahwa pekerja lepas akan memainkan peran lebih dalam membimbing masa depan pekerjaan daripada yang disadari banyak orang:

Para professional yang memilih bekerja lepas memilih pilihan tersebut karena mereka tahu sebagai boss bagi dirinya sendiri, mereka mengendalikan sendiri takdir (masa depan) mereka. Karena itu freelancer berfikir lebih proaktif tentang tren pasar dan memperbaharui kemampuan mereka lebih sering dibandingkan karyawan tradisional, membantu kemajuan ekonomi kita.

Beberapa keuntungan bekerja secara freelance antara lain:

Kebebasan dan Fleksibilitas
Karyawan konvensional tidak bisa berkata “tidak” kepada boss-nya, tapi sebagai freelancer kita bisa pilih-pilih pekerjaan/job apa saja yang kita sukai sesuai dengan skill kita…

Berbeda dengan karyawan konvensional, seorang freelancer tidak terikat jam kerja konvensional (9 pagi sampai 5 sore). Artinya kita bisa tentukan waktu terbaik untuk bekerja dimana kita merasa diri kita paling produktif pada saat tersebut.

Sebuah laporan pada situs Wall Street Journal mengulas tentang jam produktif ini, katanya pukul 4 pagi mungkin merupakan waktu paling produktif sepanjang hari lho..

Berkantor di mana saja
Mau kerja di kedai kopi, di pantai, atau di rumah.. tetap saja kuncinya adalah kita
merasa nyaman. Setuju nggak sahabat freelancer?

Tentukan dan Pilih Sendiri Klien Kita
Mungkin di awal-awal kita sebagai freelancer menerima semua klien yang akan menggunakan servis kita, kemudian dengan semakin bertambahnya jam terbang dan pengalaman, nantinya kita bisa memilih untuk tidak menerima pekerjaan dari klien-klien yang menurut kita sulit.

Bekerja Dengan Cara Terbaik Menurut Kita
Sebagai freelancer tentunya kita memiliki skill yang baik di bidang yang kita kuasai.
Dan klien pun mengharapkan hasil yang memuaskan dari proyek yang kita kerjakan. Sedangkan metode atau cara pengerjaannya.. terserah kita..

Banyak Kesempatan dan Peluang Untuk Belajar
Waktu yang fleksibel bisa kita alokasikan sebagian untuk belajar, mengikuti training online maupun offline, seminar, dan sebagainya. Semua kegiatan ini belum tentu bisa kita lakukan jika bekerja sebagai karyawan konvensional.

Nah, di atas hanyalah beberapa keuntungan bekerja sebagai freelancer. Masih banyak keuntungan lainnya seperti nggak perlu terjebak macet saat berangkat/pulang kantor, punya lebih banyak waktu untuk keluarga dan teman, dan lain sebagainya.

Lalu Bagaimana Caranya Memulai Kerja Freelance?

Jika sahabat freelancer telah mengetahui skills dan layanan apa yang akan ditawarkan kepada klien, sahabat freelancer bisa berkunjung ke beberapa situs ini untuk mencari pekerjaan:

http://projects.id
https://www.freelancer.com
https://www.fiverr.com
https://www.flexjobs.com
https://www.sribulancer.com

Freelancer in Bali - Daftar Kerja Freelance

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *