Cara Mengimpor Tabel di WordPress Menggunakan Ninja Tables

Pada postingan sebelumnya kami telah membahas Cara Mudah Membuat Tabel di WordPress Tanpa Coding (2) dengan menggunakan plugin Ninja Tables. Membuat tabel di WordPress dengan NinjaTables sangatlah mudah. Pada postingan ini kami akan menjabarkan cara mengimpor tabel di WordPress menggunakan Ninja Tables.

Membuat Tabel di WordPress dengan Plugin Ninja Tables

 

Pertama, tentunya Anda telah memiliki plugin NinjaTables yang telah terinstall dan teraktivasi. Cara menginstal dan mengaktivasinya bisa dibaca lagi dipostingan kami sebelumya.

Langkah-langkah mengimpor tabel  di WordPress menggunakan Ninja Tables.

  1. Klik “All Tables” pada menu Ninja Tables di Dashboard

Cara membuat tabel di WordPress dengan NinjaTables

2. Klik “Import Table” untuk mengimport tabel dalam format CSV dan JSON. Fitur Import Table pada Ninja Tables juga dapat mengimport tabel dari TablePress.

Akan muncul tampilan seperti ini:

Cara Meng-import tabel pada Ninja Tables

Klik “Choose File” dan pilih file CSV yang akan Anda impor, kemudian klik “Import”. Jika file CSV Anda tidak bermasalah, maka sebuah pesan sukses akan muncul di layar Anda.

Contoh tampilan tabel yang terlah berhasil diimpor seperti dibawah ini:

Cara mengimpor tabel di WordPress

Untuk sementara tabel Anda mendapatkan nama “Temporary table name” dan shortcode untuk tabel Anda telah dibuatkan secara otomatis (lihat di sebelah kanan “Temporary table name”).

Nah, mudah sekali bukan? Selanjutnya Anda bisa mulai bekerja pada tabel Anda. Dibawah ini kami sertakan beberapa bantuan/petunjuk untuk mengedit tabel Anda. Semoga bermanfaat ya..

Mengganti Nama Tabel.

Klik icon pensil yang terdapat di sebelah kiri “Temporary table name”, masukkan nama tabel Anda, klik “Update”. Kini tabel Anda sudah punya nama.

Mengedit Tabel dan Menambahkan Data Pada Tabel.

Tab “Tabel Rows” mengijinkan Anda untuk mengedit data tiap-tiap baris, menghapus baris atau menghapus beberapa baris sekaligus dengan cara mencentang baris-baris yang akan dihapus dan pada Bulk Actions pilih “Delete Entries” lalu klik “Apply”.

Untuk menambah data pada tabel Anda, Klik “Add Data”. Dengan cara ini Anda bisa menambahkan data baris demi baris.

Cara Menambahkan data pada NinjaTables

Menambahkan Kolom Pada Tabel.

Untuk menambah kolom, klik Tab “Table Configuration” dan klik “Add Column”.

Cara menambahkan kolom pada tabel NinjaTables

Masukkan nama kolom (Column Key secara otomatis akan terisi) dan silakan pilih tipe data serta responsiveness sesuai keinginan Anda. Simpan dengan meng-klik “Add Column”. Kemudian kembali ke tab Table Rows untuk memasukkan data pada kolom yang baru Anda tambahkan tadi.

Agar pekerjaan lebih cepat, Anda bisa mengimport data dari tabel Ms. Excel Anda yang telah disimpan ke dalam format CSV.

Klik tab “Import – Export”. Pastikan struktur header tabel dalam file CSV Anda sesuai dengan petunjuk/contoh yang ditampilkan pada tab “Import-Export” tersebut.

Klik “Choose File”, pilih file CSV Anda kemudian klik “Upload CSV”. Jika struktur header file CSV Anda tidak bermasalah, maka data tabel yang Anda impor secara otomatis ditampilkan pada tabel.

Menyeting Konfigurasi Tabel.

Konfigurasi tabel seperti berapa banyak item yang ingin Anda tampilkan per halaman, fitur tabel, penyortiran untuk pengunjung, dan lain sebagainya dilakukan melalui Tab “Table Configuration” di bagian sidebar sebelah kanan dibawah “Update Configuration”.

Memasukkan Tabel Ke dalam Postingan.

Untuk menampilkan tabel Anda dalam sebuah postingan, pada halaman, atau dalam widget teks, cukup masukkan Shortcode ke dalam postingan / halaman / widget teks.

Contoh tabel WordPress
Contoh tabel yang sudah jadi dengan NinjaTables

Plugin responsif gratis Ninja Tables ini bisa diunduh di halaman resmi gudang plugin-nya WordPress pada link berikut:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *